Seri SEO: Bagian 2

Blog: Cara membuat makhluk yang satu ini sangat gampang. Pada tulisan ini, saya akan lebih fokus pada free blog (blog gratisan) dari Blogger (Blogspot) milik Google. Sebab, berdasarkan pengalaman dalam menggunakannya, terbukti bahwa link-link postingan blog gratis dari Blogspot sangat cepat sekali terindeks di mesin telusur (Search Engine) Google. Dan ini, tentu saja, merupakan kelebihan yang menguntungkan bagi segenap penggunanya.

Pertama, buatlah sebuah E-Mail di GMail.Com. Temukan cara membuat E-mail GMail Di Sini. Kemudian, kunjungi halaman Blogger.Com, atau Blogspot.Com. Masukkan "User Name" ("Nama Pengguna") dan "Password" (Kata Kunci) di tempat yang disediakan. 

Bila "User Name" dan "Password" tepat, kita akan diarahkan ke halaman Dashboard (Dasbor) Blogger. Di sini, bila kita masuk sebagai pengguna baru, belum ada satu pun blog pada daftar blog

Untuk itu, buatlah sebuah blog. Cara membuat blog, kliklah "Create Blog" (Buat Blog). Akan muncul sebuah cangkang yang berisi dua kolom dan daftar template. Isilah kolom atas dengan nama blog yang kita inginkan. Terserah dengan kehendak pembuat blog. Sementara, kolom di bawahnya adalah link yang kita pilih. Misalnya, "andikata". Maka, akan tercipta "andikata.blogspot.com".

Kita juga diharuskan untuk memilih sebuah template untuk free blog kita. Silahkan pilih yang paling cocok di hati kita. Kalau pun pilih seenaknya (asal pilih), nantinya template ini dapat kita gonta-ganti dengan gampang.  

Selesai! Setelah kita klik "Apply" ("Daftar"), keseluruhan proses membuat blog di Blogger pun rampung. Selanjutnya tinggal mengelola blog tersebut sesuai dengan minat awal kita. Apakah blog pribadi, kesehatan, marketing, hobby, dan lain-lain.*** 
 
Andi Kata. Powered by Blogger.